Liburan di Jogja,Sudah Punya Rencana?


Memasuki libur panjang, biasanya manusia waras selalu mengagendakan untuk pergi ke suatu tempat yang tidak seperti rutinitas biasanya, menjauhkan diri dari kemacetan, melarikan pandangan dari gedung, buku, laporan atau komputer yang berhubungan dengan deadline. Pekerjaan memang selalu menuntut jiwa dan raga juga keluarga untuk liburan, melepas penat dan meletakan pantat pada tempat yang nyaman untuk beristirahat. Melihat pemandangan alam, atau sekedar jalan-jalan ditengah kota dan pulang dengan tas belanjaan. Yah.. Apapun itu setidaknya bisa me-refresh pikiran yang penuh dan jenuh.

Jadi, sudahkah kamu para sengsu memiliki list tempat untuk berlibur pekan ini?

Buat kamu orang-orang tuna wisata yang berdomisili di Jogja, Jawa Tengah, Jawa Barat, Sumatra, Bali, atau Namex sekalipun, sudah pernah nyoba nge-jeep di Merapi belum? Ah, sepertinya kamu belum melakukan apa-apa di Semesta ini, selain pergi ke kantor atau kampus lalu pulang ke rumah atau kosan, mungkin paling jauh pergi ke indomart sekedar beli perlengkapan mandi, duh. Aku meratapi kesedihanmu su.


Di Sleman bagian utara ini, kamu bisa menikmati pemandangan dan megahnya Merapi dari dekat, merasakan kabut pagi dan dingin yang terkadang bikin birahi. Ada beberapa paket yang biasanya ditawarkan oleh operator jeep baik disekitaran Kaliurang, atau Kalikuning Kinahrejo. Kedua lokasi ini tidak berjauhan, tapi memang beda pengelolaan, yang satu berseragam hitam, lainnya ada yang berseragam biru, orange, tergantung hari itu pakai baju seragam yang mana. Intinya disana banyak operator yang menyediakan paket wisata lava tour.

Lava tour Merapi memiliki beberapa paket, ada short trip, medium trip, dan long trip. Harga tiap paket perjalanan berbeda-beda, harga mulai Rp 250.000 - Rp 450.000 tergantung kamu pilih paket yang mana, satu jeep dapat diisi 2 - 5 penumpang, tergantung sebesar dan seberat apa tubuh yang sahabat sengsu miliki. Asal muat, angkut!
Kalau saya sih lebih menyarankan untuk ambil trip di pagi hari, selain sengatan matahari yang tidak begitu sadis, biasanya Merapi telanjang saat pagi hari, bagusnya lagi ambil paket sunrise, matahari pagi yang terbit di ufuk timur dipadu dengan merapi yang menjulang, kabut tipis dan cuaca dingin yang menggairahkan, datangnya harus lebih pagi ya, jangan kalah sama ayam.

Rute yang dipilih pun beragam, tergantung supir jeep dan paket yang diambil tentunya. Museum Sisa Hartaku, Museum Mbah Marijan, Bunker Kaliadem, Kalikuning, dan banyak pilihan lainnya.
Jika sahabat sengsu memilih trip medium atau long, ada baiknya untuk menyiapkan pakaian ganti, karena pak supir suka iseng buat main basah-basahan, pokoknya bakal klimaks dadakan, basah yang beneran basah baik secara lahir maupun batin.


Selain menikmati keindahan alam Gunung Merapi, hal lain yang akan sahabat sengsu dapatkan adalah edukasi tentang betapa megahnya sejarah letusan Merapi, pemandu akan menceritakan seluk-beluk erupsi, dampak, dan cerita wedhus gembel. Bisa dibilang wisata bencana sih, tapi setidaknya sejarah kelam tersebut akan memberikan kita pelajaran bahwa menghormati alam dan semesta adalah cara terbaik agar dapat terus hidup berdampingan.

Baiklah para sahabat sengsu yang budiman, sebaik-baiknya liburan adalah dilakukan, jika hanya direncanakan, itu namanya beban. Kemanapun langkah kakimu pergi, semoga selalu dijauhkan dari prasangka yang hanya berakhir wacana. Keluar sejenak  dari rutinitas juga perlu, karena hidup bukan melulu tentang uang, atau bagaimana caranya melunasi hutang.

Mari liburan, sedikit tertawa dengan indahnya alam, atau kantong belanja yang menguras cemburu tetangga. Kalau butuh teman, silahkan hubungi saya. Nanti saya dan teman-teman akan menemani teman-teman yang butuh teman. Ribet ya? bodo!

Mungkin cukup sekian untuk khotbah liburan kali ini.
Terimakasih sudah membaca, silahkan tinggalkan coretan di kolom komentar apabila ada pertanyaan, jika dirasa cukup, yaudah.

Hati-hati dijalan ya su, sengsu!
Sampai Jumpa.

~SonOwl

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »