Alat atau Niat | ASUS Zenfone 2

Di jaman yang sudah serba jepret, bukan menjadi hal yang umum lagi buat para pecinta fotografi untuk mengambil gambar, dimana saja dan kapan saja tentu bisa dengan sangat mudah. Hampir semua orang memiliki smartphone dan pastinya dari setiap smartphone sudah dibekali dengan kamera. Dari mulai yang kualitas alakadarnya sampai yang luar biasa yahud.

Hampir semua Photographer prefesional beranggapan "foto yang bagus belum tentu berasal dari kamera yang bagus". Mungkin benar, tapi kalau kita belum membuktikan, pernyataan itu akan sulit untuk dipercaya.

Beberapa waktu yang lalu saya mencoba untuk mengambil gambar tanpa kamera prefesional dengan lokasi yang minim cahaya, bisa dibilang gelap total. Ini menjadi tantangan tersendiri dan ternyata skill benar-benar diuji.

Photo by SonOwl

Saya menggunakan ASUS Zenfone 2 untuk mengambil foto tersebut, buat teman-teman yang masih belum tau apa yang menjadi objek saya, itu adalah stalaktit atau ornamen gantung yang banyak terdapat pada goa dengan tetesan air yang mengandung banyak mineral. Saya tidak menggunakan banyak lighting atau pencahayaan, karna kebetulan saya tidak membawa peralatan yang mumpuni untuk mengambil gambar di dalam goa. Saya haya menggunakan Head-Lamp dan senter.

Photo by SonOwl

Untuk pengaturan, sangat sederhana, terlebih asus sudah membekali perangkatnya dengan fitur-fitur keren. Saya menggunakan mode pendalaman, fitur ini menjadikan objek yang di ambil dengan jarak yang dekat menjadi lebih jelas dengan latar belakang yang blur atau sering juga disebut dengan istilah bokeh.

Tantangannya sendiri terletak pada pencahayaan, sudut pengambilan gambar dan moment yang tepat agar fokus kamera mudah di dapat. Mode ini akan lebih mudah jika diguunakan di tempat yang terang atau pencahayaan yang cukup.

Photo by SonOwl

Bagus atau tidaknya sebuah gambar, tidak dihasilkan dari berapa harga kamera yang digunakan, kepepet adalah kreativitas paling mutakhir untuk memaksimalkan kemampuan dari keadaan. Sama miskin beda hasil, sama kaya beda karya.[]
Sudah, jangan kebanyakan alasan. Mulai aja dulu.


Photo by SonOwl
Silahkan mencoba untuk berkarya, alat bukan alasan untuk kamu tidak berkarya.
*Tosss


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »